Friday 10 January 2014

[BATTLE] Minolta 50 F1.4 Standard VS RS Version

lens by cameraonduty.blogspot.com

Lens Battle
Minolta AF 50 F1.4








Pada user review rating di situs dyxum.com, kedua lensa ini memiliki performa yang hampir sebanding. Masing-masing mempunyai nilai yang lebih tinggi di bagian tertentu. Standard version unggul di ketajaman, dan build quality. Sedangkan RS (restyled) version unggul di warna, distortion dan flare control. Namun selisih nilainya tidak jauh, tidak lebih dari 0,11 poin.

Perbedaan secara fisik Standard version memiliki ukuran lebih kecil karena diameter lensa ini hanya 49mm dibandingkan dengan RS version yang memiliki diameter 55mm. Standard version memiliki hood internal yang tebilang cukup kecil, berbeda dengan RS version yang sudah memiliki hood eksternal yang ukuranya cukup besar.

Dalam artikel ini, penulis mencoba membandingkan antara Minolta AF 50mm F1.4 dengan Minolta AF 50mm F1.4 RS untuk memberikan gambaran lensa mana yang lebih unggul dari segi warna, kontras, ketajaman, dan bokeh.

Parameter yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
- Taken with Sony Alpha 850
- CS Standard 0 0 0
- JPEG straigth from camera
- No edit, just resize






Dari perbandingan gambar di atas, Minolta 50mm F1.4 RS version menghasilkan warna yang lebih tinggi saturasinya ketimbang Standard version. Warna kuning pada RS version juga lebih pekat ketimbang pada lensa Standard version.

Sharpness

Untuk ketajaman, kedua lensa memiliki performa yang setara. Tetap tajam walau di bukaan terbesar dan tetap usable, kecuali Anda memerlukan DOF yang lebih luas. Namun RS version menghasilkan gambar yang lebih kontras ketimbang Standard version.

Bokeh

Sekilas bokeh dari kedua lensa ini mempunyai karakter yang sama. Namun jika diperhatikan lebih seksama (terlihat di f2.8), bokeh pada RS version memiliki bentuk yang lebih bulat ketimbang heptagonal pada Standard version. Hal ini dikarenakan lensa RS version memiliki circular aperture yang membentuk bokeh cenderung membulat. 



Summary
Kedua lensa ini memiliki performa sangat baik. Fast lens dengan bukaan diafragma 1.4, hasil di open wide yang acceptable, warna yang matang, dan perbedaan antara keduanya tidak signifikan (kecuali untuk ketersediaan lensa RS version di pasaran).

So, which one is better?  RS version sedikit lebih unggul dalam hal warna dan kontras. Namun terlepas dari hasil perbandingan di atas yang perlu di perhatikan adalah Minolta 50mm F1.4 RS version mempunyai hood eksternal yang cukup besar sehingga lebih efektif menangkal cahaya dari samping yang dapat menyebabkan flare. Hal ini tidak didapat pada lensa Standard version yang mengandalkan hood internal dengan ukuran cukup kecil untuk lensa focal lenght 50mm, kecuali sampai Anda menambahkan hood ulir 3rd party yang banyak di jual di pasaran untuk mengatasinya. Choice is yours =)

--------------------
Also Read:
[SAMPLE] Minolta AF 50mm F1.4
[SAMPLE] Minolta AF 50mm F1.4 RS
[BATTLE] Minolta 70-210 Beercan VS Non-Beercan
[BATTLE] Minolta 35-105 F3.5-4.5 Beercan VS Non-Beercan

1 comment:

teguh pangestu said...

Berguna sekali infonya, saya lg galau mau beli yang non RS, tp setelah melihat hasil yang RS jadi tambah bingung :)

Back To Top