Tuesday 14 January 2014

[BATTLE] Minolta AF 50 F1.7 VS F1.4



Lens Battle

Minolta AF 50 F1.7 VS F1.4








Kedua lensa ini memiliki bentuk fisik yang identik, pun spesifikasinya. Masing-masing mempunyai hood internal, panjang, diameter, jumlah blade, dan MFD yang sama. Selain perbedaan nilai diafragma, perbedaan lensa ini hanya pada jumlah elemen dan grup optik, serta beratnya. Nilai rata-rata user rating di situs dyxum.com pun hanya selisih 0,03 poin. Namun untuk harga memang versi F1.4 lebih mahal kurang lebih 1 juta rupiah dari versi F1.7. 

Dalam artikel ini, penulis mencoba membandingkan kedua lensa ini untuk melihat seberapa besar perbedaan image quality di lihat dari tonal, kontras, ketajaman, dan bokeh.

Parameter yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
- Taken with Sony Alpha 850
- CS Standard 0 0 0
- JPEG straigth from camera
- No edit, just resize





Close Up




Dari dua perbandingan di atas, hampir tidak ada perbedaan antara versi F1.7 dan F1.4. Namun Minolta 50 F1.4 memiliki kontras dan saturasi yang sedikit lebih tinggi dari versi F1.7.

Sharpness

Soal ketajaman, keduanya memliliki performa yang baik, even di open wide. Namun jika dibandingkan dalam nilai F yang sama, versi F1.4 lebih unggul karena sudah mengalami stop down.

Bokeh

Karakter bokeh pada Minolta 50 F1.7 sedikit pipih jika dibandingkan versi F1.4 (see pict @ f 1.7 & f 2) yang cenderung bulat.

Summary
Kedua lensa ini memiliki karakteristik hasil gambar yang hampir sama. Keduanya memiliki performa yang sangat baik. Namun Minolta 50 F1.4 lebih unggul di ketajaman, warna dan kontras, dan tentunya sebanding dengan harga yang lebih mahal ketimbang Minolta 50 F1.7. So, which one is better? Choice is yours =)

--------------------
Also Read:

No comments:

Back To Top